Rabu, 07 Maret 2012

Arti Kata Agama



1. Arti Kata Agama

Agama [Sanskerta, a = tidak; gama = kacau] artinya tidak kacau; atau adanya keteraturan dan peraturan untuk mencapai arah atau tujuan tertentu. Religio [dari religere, Latin] artinya mengembalikan ikatan, memperhatikan dengan saksama; jadi agama adalah tindakan manusia untuk mengembalikan ikatan atau memulihkan hubungannya dengan Ilahi. 

2. Menurut Pandangan Sosiologi

Dari sudut sosiologi, agama adalah tindakan-tindakan pada suatu sistem sosial dalam diri orang-orang yang percaya pada suatu kekuatan tertentu [yang supra natural] dan berfungsi agar dirinya dan masyarakat keselamatan. Agama merupakan suatu sistem sosial yang dipraktekkan masyarakat; sistem sosial yang dibuat manusia [pendiri atau pengajar utama agama] untuk berbhakti dan menyembah Ilahi. Sistem sosial tersebut dipercayai merupakan perintah, hukum, kata-kata yang langsung datang dari Ilahi agar manusia mentaatinya. Perintah dan kata-kata tersebut mempunyai kekuatan Ilahi sehingga dapat difungsikan untuk mencapai atau memperoleh keselamatan [dalam arti seluas-luasnya] secara pribadi dan masyarakat.

3. Menurut Pandangan Kebudayaan
 
Dari sudut kebudayaan, agama adalah salah satu hasil budaya. Artinya, manusia membentuk atau menciptakan agama karena kemajuan dan perkembangan budaya serta peradabannya. Dengan itu, semua bentuk-bentuk penyembahan kepada Ilahi [misalnya nyanyian, pujian, tarian, mantra, dan lain-lain] merupakan unsur-unsur kebudayaan. Dengan demikian, jika manusia mengalami kemajuan, perubahan, pertumbuhan, dan perkembangan kebudayaan, maka agama pun mengalami hal yang sama. Sehingga hal-hal yang berhubungan dengan ritus, nyanyian, cara penyembahan [bahkan ajaran-ajaran] dalam agama-agama perlu diadaptasi sesuai dengan sikon dan perubahan sosio-kultural masyarakat. 

 4. Secara Terminologi

 Secara terminologi dalam ensiklopedi Nasional Indonesia, agama diartikan aturan atau tata cara hidup manusia dengan hubungannya dengan tuhan dan sesamanya.  Dalam al-Qur’an agama sering disebut dengan istilah ad-din. Istilah ini merupakan istilah bawaan dari ajaran Islam sehingga mempunyai kandungan makna yang bersifat umum dan universal. Artinya konsep yang ada pada istilah din seharusnya mencakup makna-makna yang ada pada istilah agama dan religi. 

 5. Menurut Kamus 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Agama merupakan  sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan, atau juga disebut dengan nama Dewa atau nama lainnya dengan ajaran kebhaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut.

Secara umum, ada yang mengatakan bahwa agama langit/samawi merupakan ajaran atau syari’at dari Tuhan yang diturunkan dengan jalan wahyu, diturunkan kepada manusia melalui wahyu. Adapula yang mengatakan definisi agama secara umum adalah kepercayaan yang suci yang terkumpul dalam suatu set prilaku yang menunjukkan ketundukan pada suatu Dzat, kecintaan, hinaan keinginan dan kekaguman. (muqoronatul adyan KMI Gontor)

Mukti Ali berpendapat bahwa ada tiga argumentasi yang dapat dijadikan alasan dalam menanggapi statemen “Barangkali tak ada kata yang paling sulit diberikan pengertian dan defenisi selain dari kata agama.”.
Pertama karena pengalaman agama adalah soal batin dan subjektif. Kedua barangkali tidak ada orang yang begitu semangat dan emosional daripada membicarakan agama. Karena itu, membahas arti agama selalu dengan emosi yang kuat dan yang  ketiga  konsepsi tentang agama akan dipengaruhi oleh tujuan orang yang memberikan pengertian agama.

6. Ciri-Ciri Umum Agama

Adapun ciri-ciri dikatan sebuah Agama yaitu antara lain :
  1. Pada setiap agama mempunyai sasaran atau tujuan penyembahan atau Sesuatu Yang Ilahi dan disembah. Ia bisa disebut TUHAN, Allah, God, Dewa, El, Ilah, El-ilah, Lamatu’ak, Debata, Gusti Pangeran, Deo, Theos atau penyebutan lain sesuai dengan konteks dan bahasa masyarakat [bahasa-bahasa rakyat] yang menyembah-Nya. Penyebutan tersebut dilakukan karena manusia percaya bahwa Ia yang disembah adalah Pribadi yang benar-benar ada; kemudian diikuti memberi hormat dan setia kepada-Nya. Jadi, jika ada ratusan komunitas bangsa, suku, dan sub-suku di dunia dengan bahasanya masing-masing, maka nama Ilahi yang mereka sembah pun berbeda satu sama lain. Nama yang berbeda itu pun, biasanya diikuti dengan pencitraan atau penggambaran Yang Ilahi sesuai sikon berpikir manusia yang menyembahnya. Dalam keterbatasan berpikirnya, manusia melakukan pencitraan dan penggambaran Ilahi berupa patung, gambar, bahkan wilayah atau lokasi tertentu yang dipercayai sebagai tempat tinggal.  
  2. Pada setiap agama ada keterikatan kuat antara yang menyembah [manusia] dan yang disembah atau Ilahi. Ikatan itu menjadikan yang menyembah [manusia, umat] mempunyai keyakinan tentang keberadaan Ilahi. Keyakinan itu dibuktikan dengan berbagai tindakan nyata [misalnya, doa, ibadah, amal, perbuatan baik, moral, dan lain-lain] bahwa ia adalah umat sang Ilahi. Hal itu berlanjut, umat membuktikan bahwa ia atau mereka beragama dengan cara menjalankan ajaran-ajaran agamanya.
  3. Pada umumnya, setiap agama ada sumber ajaran utama [yang tertulis maupun tidak tidak tertulis]. Ajaran-ajaran tersebut antara lain: siapa Sang Ilahi yang disembah umat beragama; dunia; manusia; hidup setelah kematian; hubungan antar manusia; kutuk dan berkat; hidup dan kehidupan moral serta hal-hal [dan peraturan-peraturan] etis untuk para penganutnya. 
Secara tradisionil, umumnya, pada setiap agama mempunyai ciri-ciri spesifik ataupun berbeda dengan yang lain. Misalnya, 
  • Pada setiap agama ada pendiri utama atau pembawa ajaran; Ia bisa saja disebut sebagai nabi atau rasul, guru, ataupun juruselamat
  •  Agama harus mempunyai umat atau pemeluk, yaitu manusia; artinya harus ada manusia yang menganut, mengembangkan, menyebarkan agama.
  •  Agama juga mempunyai sumber ajaran, terutama yang tertulis, dan sering disebut Kitab Suci; bahasa Kitab Suci biasanya sesuai bahasa asal sang pendiri atau pembawa utama agama.
  •  Agama harus mempunyai waktu tertentu agar umatnya melaksanakan ibadah bersama, ternasuk hari-hari raya keagamaan.
  • Agama perlu mempunyai lokasi atau tempat yang khusus untuk melakukan ibadah; lokasi ini bisa di puncak gunung, lembah, gedung, dan seterusnya.
Sumber :

8 komentar:

Unknown mengatakan...

Manusia lahir di dunia pasti membutuhkan agama. Disadari atau tidak .karna manusia suatu saat membutuhkan aturan baik berhubungan dg .Ilahi.sangyang agung
.dll dan juga bubungan sesama mahluk .agar terjalin dg baik maka mereka membutuhkan agama

Engkus Ruswana mengatakan...

Kalau a = tidak dan gama = kacau, maka masa keemasan jaman Majapahit yang terkenal dengan Nagarakartagama, berarti "Negara sejahtera kacau"....? sungguh tidak tepat. Sesungguhnya, kata agama berasal dari bahasa Kawi (Sunda-Jawa Kuno), yang berasal dari kata A (Ha) = Kang Hana, yang berarti Tuhan, dan Gama= tatanan. patokan, sehingga agama berarti Patokan/tatanan Tuhan, itulah sebabnya dalam Naskah Sunda Kuna Siksakandang Karesian, disebutkan padi pun punya agama, dan disebutkan "agamaning pare". Selain itu ada pula disebutkan Adigama (tatanan utama, bukan kacau utama); Parigama (tatanan/patokan sempurna, bukan kacau sempurna, Gurugama (tatanan/patokan guru, bukan guru kacau), dll. Pun Tabe.

kunta mengatakan...

Ini komentar saya ya. Negarakerthagama berasal dari 3 kata yaitu Negara =negara, Kertha=sentosa atau makmur, dan agama=teratur atau tidak kacau. Setelah disatukan 2 huruf a dibelalang kata kertha dan didepan agama dimanunggalkan maka menjadi negarakerthagama. Berikut yang dapat saya sampaikan jadi arti kata agama diatas adalaj benar.

Unknown mengatakan...

Klo di alquran ada ga ayat yg menerangkan tentang agama?

Muhammad Aprizal mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Muhammad Aprizal mengatakan...

Kalau di Google Terjemahan,,
Agama dan Utang sama Arti dalam bahasa Arab nya benar ngak sih,,
Saya sudah Coba begini,,
Utang dan agama,
Agama,
Utang,
Agama dan utang,
Arab nya tetap Sama,,Dan arab nya saya Terjemaah dalam Bahasa Indonesia Jadi Agama dan agama,,
Mana yg benar,, ada apa. Di sini,,

Taufik Pomontolo mengatakan...

Iya bang sdh seperti itulah. Agama itu hutang. Untuk penjelasannya kita udh mau bahas dari awal/belum ada segala sesuatu sampai penciptaan manusia. Barulah kita akan tau hutang apa maksudnya. Salam

Taufik Pomontolo mengatakan...

Iya bang sdh seperti itulah. Agama itu hutang. Untuk penjelasannya kita udh mau bahas dari awal/belum ada segala sesuatu sampai penciptaan manusia. Barulah kita akan tau hutang apa maksudnya. Salam

Posting Komentar

Facebook Update

Welcome Message

My Blog List

Today Video

Recent Posts

Advertisement (468 x 60px )

Powered By Blogger

About Me

Foto Saya
Beri - ILMU 'علم'
Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
Blog ini sebagai wadah membagi Ilmu...~
Lihat profil lengkapku